Sabtu, 07 Juli 2012

Produk dan layanan Google yang bermanfaat untuk para blogger

wajib online - Anda yang sering mencari informasi di internet menggunakan mesin pencari (search engine) pasti lebih mengandalkan google daripada mesin pencari lainnya, seperti; yahoo, bing, AOL dan sebagainya). Urusan cari mencari memang google yang yang yang paling ampuh untuk diandalkan (mulai dari pencarian web, gambar, blog, ebook, file, bahkan peta rumah andapun dapat dicari oleh si embah google ini “dengan menggunakan googlemap)
Tetapi perlu anda ketahui, google sebenarnya tak hanya bergelut di mesin pencarian saja. Ada pula layanan-layanan lain miliki google yang menarik dan patut anda coba, seperti; google drive, blogger, youtube, picara, google sketchup, dan lain sebagainya.
Karena saking banyaknya  produk dan layanan yang dimiliki google, untuk kali ini saya hanya akan menjabarkan  mengenai produk google yang bermanfaat dan sering digunakan oleh para blogger saja.
Inilah produk dan layanan google yang bermanfaat untuk blogger
1.       Blogger
Tentu bloggerlah yang paling dimanfaatkan oleh para blogger, dengan layanan ini kita dibebaskan untuk mendesain dan mengembangkan blog yang kita kelola  sesuai dengan  keinginan dan kreatifitas kita.
Produk google yang beralamatkan di blogger dot com ini, bahkan telah terintegrasi dengan layanan google lain, seperti; adsense, feedburner, youtube, dan lain sebagainya yang akan saya jelaskan pada uraian di bawah nanti.
2.       Google search
manfaat google untuk blogger
Pasti layanan inilah yang sering anda gunakan untuk urusan hal cari mencari. Layanan google ini sangat membantu para blogger untuk mencari ide dan reverensi untuk bahan pengeposan blognya, baik berupa gambar, text, informasi, link lain-lain. Selain itu layanan ini juga digunakan oleh blogger  untuk mengembangkan blognya dengan mengandalkan teknik SEO (Search Engine Optimizer) untuk menjaring pengunjungnya.
3.       Adword dan adsense
 
Adword adalah layanan periklanan google yang dapat digunakan blogger untuk mengiklankan blog/website dan produknya dengan harga yang lebih terjangkau. Karena sistem harga yang ditawarkan berdasar pada jumlah klik dan kata kunci tertentu. Kelebihan lain dari adword adalah pengunjung blog yang datang dari adword, berdasarkan kata kunci yang mereka ketik. Sehingga anda bisa mendapatkan pengunjung yang berkualitas dari adword ini. Sedangkan adsense adalah kebalikan adword, karena adsense akan membayar pemilik blog yang telah membantu google untuk menayangkan iklan miliknya. Adsense ini bermanfaat bagi blogger dalam mencari biaya tambahan untuk pengelolaan blognya.
4.       Gmail 
 
Gmail adalah layanan google yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik (email) melalui internet secara gratis. Hanya dengan satu akun gmail saja anda sudah dapat memanfaatkan semua layanan google tanpa sign in ulang dari satu fitur google ke fitur lainnya, sehingga mempermudah anda untuk mengembangkan blog yang anda kelola.
5.       Feedburner 
Feedburner adalah sebuah layanan peralatan untuk pengembangan blog dan website dengan cara mengorganisir RSS feed dan subscribe. Layanan ini berguna bagi blogger untuk mengolah dan menganalisis blognya dari jumlah subscribe yang membaca blognya. Selain itu layanan juga memungkinkan blogger untuk memonetisasi blognya melalui pilihan advertising system feedburner.
6.       Youtube
Anda tentu kenal dengan briptu Norman, Justin Bieber, sinta jojo, udin sedunia dan artis-artis youtube lainnya, mereka bisa terkenal seperti saat ini karena adanya situs sharing video bernama youtube ini.  Youtube adalah sebuah situs untuk mengupload, berbagi, dan menonton video streaming secara gratis. Bagi pengelola situs ini berguna sekali untuk hosting penyimpanan video yang dapat anda integrasikan ke blog (blogger) anda hanya dengan menggunakan  satu akun saja. Sehingga jika anda memiliki konten tutorial di blog yang kurang jelas, anda bisa menambahkan video tutorial untuk memperjelas penjabaran di konten anda.
7.       Picasa 
Picasa adalah sebuah layanan untuk sharing photo dan gambar seperti layaknya flickr. Karena picasa sudah diakuisasi oleh google, anda dapat mengintegrasikan picasa ke blog anda untuk menampilkan photo yang telah anda upload tanpa mengurangi sisa ruang hosting berbayar anda, sehingga akan mengurangi biaya untuk sewa hosting.
8.       Google trends
Jika anda ingin mengsurvei kata kunci paling populer, google trend inilah yang bisa anda andalkan. Dengan fitur ini anda dapat menentukan tema dan konten blog yang sesuia dengan keinginan pengguna internet. Sehingga akan memudahkan anda untuk menjaring pengunjung blog  yang berkualitas dari mesin pencari. Dan apabila anda menggunakan blog untuk online marketing dan periklanan adsense, maka anda dapat  menggunakan google trends  ini untuk melihat selera konsumen, guna meningkat income anda.
9.       Google Webmaster Tool
Google webmaster tool adalah layanan tool untuk pengembangan blog/website dengan cara mengsubmit, meningkatkan statistik dan index blog/website anda. Jika anda menerapkan teknik SEO dalam pengembangan blog dan website, maka layanan webmaster tool inilah yang patut anda coba .
10.   Google analytic
Setelah anda menggunakan semua fitur diatas untuk mengembangkan blog anda, maka selanjutnya anda perlu mencoba google analytic untuk melihat perkembangan blog anda.
Dengan Google analytic anda dapat melihat statistic perkembangan blog secara mendetail, mulai dari situs manakah visitor (pengunjung) datang, perangkat yang digunakan, hingga asal Negara dan daerah pengunjung blog anda. Sehingga anda dapat menentukan langkah pemanagemenan blog anda selanjutnya.

Diatas adalah sebagian dari produk dan fitur dari google yang bisa saya jabarkan, semoga anda dapat menggunakan produk dan fitur diatas untuk mengembangkan blog anda….. amin




artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. wah boleh juga nih buat di pelajari, buat para bloger-bloger .... sukses selalu gan

    BalasHapus
  2. boleh juga buat blog saya di di pelajari kaya begini ............

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat mas buat anda, terima kasih

      Hapus

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya