Selasa, 17 Juli 2012

Hacker vs Cracker


Wajib online - Banyak orang yang salah presepsi membedaan antara hacker dan cracker. Orang awam yang belum terlalu paham dunia komputer dan pemrograman biasanya menyebutkan bahwa hacker dan cracker adalah sama. Dan memandang bahwa hacker dan cracker adalah kumpulan orang-orang jahat yang kerjanya merusak suatu sistem komputer saja. Hal tersebut adalah suatu pandangan yang salah, hacker dan cracker memang  individu atau kelompok yang pandai dalam pemrograman komputer, tapi keduanya memiliki sifat dan tujuan yang berbeda.
Berikut perbedaan antara hacker dan cracker
Hacker
Hacker adalah sebuah panggilan untuk orang atau kelompok yang pandai dalam pemrograman komputer, dan menggunakan kepandaiannya untuk hal positif dan bermanfaat untuk orang lain. Jasa hacker sebenarnya cukup bermanfaat dalam menstabilkan dan melindungi komputer dan jaringan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Hacker juga bisa dikelompokkan pekerjaan mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan jalan keluar untuk memperbaiki kelemahan tersebut.
Ciri –ciri dan   perilaku seorang hacker
1.        Mempunyai etika dan tanggung jawab  dalam merancang suatu software yang berguna bagi siapa saja
2.       Tidak pelit dalam membagikan ilmunya.
3.       Seorang hacker akan selalu memperdalam dan memperbanyak ilmu tentang pemrograman sistem operasi
4.       Kreatif dalam menjalankan kerjanya
5.       Mempunyai kemampuan menganalisa suatu sistem dan situs kemudian memberikan saran untuk memperbaiki  kelemahan yang ada

Cracker
Cracker adalah orang atau kelompok yang bertujuan untuk mencari kelemahan dari suatu system maupun situs, kemudian menggunakan celah dari kelemahan tersebut untuk melakukan tindak kejahatan dan mencari keuntungan untuk diri sendiri atau kelompok. Hal-hal sering dilakukan cracker seperti pembuatan virus, Trojan, pencurian kartu kredit, pembobolan akun dan pencurian password. Sebagai contoh kasus pembobolan situs yahoo!  yang membuat data-data yang ada didalamnya berantakan hingga situs tersebut tidak dapat diakses untuk waktu yang cukup lama.
Ciri dan perilaku seorang cracker  
1.       Mempunyai alamat IP yang sulit dilacak
2.       Mempunyai website channel dan IRC tersembunyi dan hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu.
3.       Mampu membuat software yang bersifat merusak dan mengambil keuntungan untuk diri sendiri maupun kelompok.

Oke sampai disini dulu pembahasan kita untuk kali ini, saran saya pergunakan teknologi untuk kegiatan positif dan bermanfaat…. Semoga bermanfaat




artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya