Jumat, 22 Juni 2012

Sejarah singkat perkembangan komputer

Dijaman yang serba modern ini komputer telah menjadi alat penunjang  kebutuhan hidup manusia. Komputer dari generasi ke generasi memiliki bentuk fisik dan kemampuan yang berbeda-beda, jika dibanding generasi pertama generasi saat ini perkembangan  komputerjauh lebih maju dan canggih.
Nama komputer sebenarnya berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Komputer memang awalnya digunakan manusia untuk memudahkan dalam penghitungan saja, namun saat ini komputer memiliki banyak kemampuan mulai dari mengerjakan pekerjaan perkantoran, jelajah internet, edit file, hiburan dan  lain-lain.
Beriktut ini adalah sejarah singkat perkembangan komputer
1.       Komputer generasi pertama
Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman Konzard Zuse membangun rangkaian komputer yang bernama Z3, yang digunakan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Pada tahun 1943  Inggris tak mau kalah, ia telah berhasil menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia miliki jerman, komputer ini bernama Colossus.
Pada tahun 1973, seorang insinyur di Havard yang bekerja di IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik yang berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan mempunyai rentang kabel mencapai 500 mil, komputer ini ditujukan untuk US Navy. Mesin ini beroperasi sangat lambat ( +   3-5 detik setiap hitungannya)
Kesimpulan:  komputer-komputer di generasi pertama memiliki karakter fisik mesin berukuran besar sehingga sulit untuk dipindah-pindahkan dan hanya dikususkan untuk tugas-tugas tertentu. Sehingga setiap komputer memiliki kode pemrogaman yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat komputer generasi pertama sulit untuk diprogram dan memiliki kecepatan yang lambat.
2.       Komputer generasi kedua
Penemuan transitor pada 1948 telah mempengaruhi perkembangan komputer, akibatnya ukuran-ukuran dari berbagai mesin elektronik berkurang drastis. Namun transitor mulai digunakan oleh komputer pada tahun 1956. Dari berbagai penemuan yang muncul akhirnya IBM berhasil membuat komputer Strech, Sprey-Rand, LARD
Hal inilah yang memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
3.       Komputer generasi ketiga
Efek dari penemuan-penemuan  komponen baru, telah mempengaruhi bentuk fisik dan ukuran komputer itu sendiri. Di generasi ketiga ini bentuk komputer lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, karena komponen-komponen telah dipadatkan kedalam bentuk sebuah chip. Selain itu di generasi ini komputer telah menggunakan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk   menjalankan berbagai program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memory komputer
4.       Komputer generasi keempat
Di generasi keempat, para pengembang memiliki tujuan yang lebih jelas yakni mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektriknya. Akhirnya usahanya membuahkan hasil, pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) telah dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Kemudian pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC). Perkembangan ini telah memungkinkan komputer untuk digunakan oleh personal pribadi dan komputer tak lagi didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintahan saja. Dan saat itulah muncul berbagai penggunaan CPU: IBM PC/486, Pentium II, Pentium III dan Pentium IV (serial dari CPU buatan intel). Juga pula dikenal AMD k6, Athlon dsb
5.       Komputer generasi ke lima
Pada generasi ini komputer masih dalam hayalan saja. sebagai contoh komputer fiksi (hayalan) HAL900 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: space Odyssey. Dalam ceritanyaKomputer ini memiliki nalar, berpikir dan bercakap-cakap layaknya manusia. Menggunakan masukan visual, dan dapat belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun komputer fiksi HAL900 masih jauh dari kenyataan, namun banyak kemampuan dari komputer fiksi ini, yang telah terangkat secara nyata. Diantaranya beberapa komputer saat ini telah dapat menerima instruksi lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menerjemahkan bahasa. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik tanpa adanya hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat informasi 


artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. IBM dari dl hingga sekarang masih eksis, hebat banget perusahaan ini, meski banyak merek bermunculan baru, namun IBM tetap kokoh.

    BalasHapus

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya