Jumat, 29 Juni 2012

Komponen- komponen penting pada laptop bag 1


Wajib Online – Perkembangan era komputer yang semakin maju, telah membuat para pengembang komputer melakukan banyak inovasi. Mulai dari perangkat andalan  untuk bekerja hingga produk untuk hiburan juga tersedia. Dari berbagai hasil pengembangan komputer ada satu produk yang menurut saya produk paling sukses saat ini, yakni laptop.  Laptop merupakan komputer jinjing yang memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana.
Sesuai dengan judul diatas kali ini saya akan membahas mengenai komponen- komponen penting pada laptop. Karena pembahasan mengenai komponen laptop cukup panjang saya akan membaginya dalam dua bagian.
Berikut komponen-komponen pada laptop
1.       Layar/LCD
Layar/LCD sangat berperan penting bagi pengguna laptop saat melakukan pemrograman. Pada umumnya, layar yang digunakan laptop dibagi menjadi 2 jenis, yakni; layar CRT dan layar wide screen. Layar CRT adalah layar monitor yang memiliki dimensi 4:3 dan merupakan  ukuran layar standart  laptop sedangkan layar wide screen adalah layar monitor yang memiliki dimensi lebar (16:9), layar bentuk terbaru ini merupakan layar yang paling digemari saat ini
Layar laptop dibagi menjadi tiga jenis menurut spesifikasi teknologinya
-          Thin Film Transistor (TFT)
TFT merupakan layar standart yang sering digunakan pada semua jenis laptop atau lebih dikenal sebagai layar LCD. Layar seperti ini cocok untuk digunakan dalam ruangan yang bercahaya banyak.
-          Super TFT
Super TFT merupakan layar sejenis TFT ( Thin Film Transistor) tetapi sudah  menggunakan standart panel TFT (sebuah lapisan khusus yang ada pada permukaan layar) yang dapat membuat gambar lebih bening dan tampak seperti nyata.
-         ( Lighting Emitting Diode) LED
Adalah layar yang memakai sekumpulan LED  di baliknya sehingga membuat warna yang nampak menjadi seolah nyata dan konsumsi listriknya juga lebih kecil. Sehingga layar jenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan jenis lain.

2.       Harddisk 
Harddisk atau cakram keras merupakan sarana penyimpanan utama untuk data yang ada pada laptop.  Harddisik ini dibagi menjadi dua macam, pertama harddisk internal merupakan harddisk yang letaknya ada didalam laptop, kedua harddisk external merupakan harddisk yang letaknya ada  di luar laptop atau disebut sebagai harddisk portable, harddsik tipe ini cocok digunakan untuk membackup data pada laptop sebelum melakukan penginstalan ulang.
Kapasitas memory pada harddisk  terbilang cukup besar antara 30GB hingga 240GB atau mungkin lebih. Selain itu harddisk juga memiliki kecepatan masing-masing sesuai kualitas pada harddisk itu sendiri. Pada tingkatan mainstream dan ultraportable, sebagian besar harddisik yang digunakann berkecepatan  4200 rpm atau 5400 rpm, sedang untuk tingkatan replacement lebih banyak digunakan harddisk yang kecepatannya 7200 rpm.

3.       Memory/RAM
 
Memory/RAM merupakan sebuah alat penyimpanan data sementara, saat laptop melakukan pemrosesan data. Memory/ RAM ini memiliki peranan yang sangat penting pada laptop, karena berkaitan pada kecepatan laptop. Semakin besar kapasitas sebuah RAM maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut, begitu pun sebaliknya.
Letak RAM pada laptop, biasanya sudah terpasang atau menyatu pada motherboard, sehingga RAM tersebut tidak dapat dilepas atau diganti. Tetapi memory/RAM laptop dapat ditambah dengan cara menambahkan memory baru pada slot yang telah disediakan.
4.       Baterai
Baterai merupakan sebuah nyawa pada laptop tersebut, mengingat harga baterai yang begitu mahal, merawat baterai sebelum terjadi kerusakan merupakan suatu tindakan yang bijak.
Pada dasarnya baterai dibuat tidak untuk dibongkar dan diperbaiki, karena sejak dari awal pembuatannya komponen baterai dibuat merekat sangat rapat satu komponen dengan komponen lainnya. Komponen baterai hanya terdiri dari kerangka dan tutup plastik, yang didalamnya terdapat beberapa sel tunggal untuk menjalankan tenaga voltage yang dibutuhkan, dan sebuah thermocouple.
Proses perkembangan baterai memang  berjalan sangat lambat jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat lain yang tertanam pada laptop. Fuel cell merupakan  tenaga penggerak hasil pengembangan dari baterai,sebagai tenaga andalan pada laptop dan sebagian besar gadget, fuel cell ini sudah ditemukan para vendor sejak beberapa tahun yang lalu dan dikenal sebagai teknologi pengganti baterai.
Karena tangan dan mata saya sudah dibisa diajak kompromi. Pembahasan mengenai komponen laptop akan dilanjutkan besok dengan judul  komponen penting pada laptop bagian 2



artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya