Selasa, 17 April 2012

Pengertian Harddisk


Harddisk merupakan suatu tempat penyimpanan data utama pada komputer atau laptop. Harddisk ini pertama kali diciptakan oleh Reynold Johnson seorang insinyur IBM pada tahun 1956, harddisk pertama kali tersusun dari 50 piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan 1.200 rpm dengan jumlah memory 4,4 MB.
Berbeda jauh dari sekarang yang memiliki kapasitas 750 GB dan hanya selebar 0,6 cm saja, bahkan saat ini kapasitas harddisk terbesar mencapai 3 TB dan berukuran 3,5 inci saja. Selain itu penggunaannya pun bukan hanya sebagai memory internal saja, sudah ada harddisk external yang dijual pasaran saat ini.
Karena harga harddisk cukup mahal anda harus jeli dalam memilih kapasitas haddisk sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Untuk kebutuhan office/ kantor kapasitas 30 GB sampai 40 GB mungkin sudah cukup untuk kebutuhan anda. Sedangkan untuk kelas all-in-one kapasitas harddisk bisa mencapai 80GB-120GB.
Tipe harddisk komputer dengan laptop tidak sama, laptop basanya memiliki kecepatan 4200rpm atau 5400rpm, sedangkan untuk kelas komputer desktop memiliki kecepatan 7200rpm. Untuk itu andapun harus jeli dalam memiliki tipe harddisk, jangan sampai anda salah dalam memilih harddisk.
Sumber wikipedia


artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya