Senin, 03 Desember 2012

Cara membasmi virus tanpa anti virus


Pernahkah komputer anda  terkena virus ?, jika iya .. bagaimana perasaan anda?. Tentu sangat menyebalkan bukan, apalagi virus tersebut telah merusak  program penting di komputer anda dan bahkan telah menghilang data penting yang mungkin nilainya jutaan rupiah. Sebenarnya virus masih dapat dicegah dengan cara memasang anti virus, meskipun begitu tak semua anti virus dapat memproteksi komputer  dari serangan virus terutama jika anti virus tersebut gratisan.
Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan memberikan trik untuk menghapus virus tanpa bantuan software anti virus. Apakah bisa?  Bagaimana caranya ? .. untuk lebih jelasnya simak terus langkah -langkah dibawah ini.

1.      Matikan system restore komputer
Sebenarnya Fasilitas system restore ini berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke bentuk konfigurasi sebelumnya, agar sistem yang telah pulih tidak rusak kembali. Untuk cara mematikannya, anda dapat memulai dari menu explorer - pilih My computer – klik Properties – pilih menu Tab system restore – dan terakhir “Turn off System Sestore on All device”
2.      Matikan proses virus
Virus sebenarnya berbetuk program dan tentu saja  program tersebut pasti dapat pula dimatikan. Lalu bagaimanakah caranya?... untuk lebih mudahnya kita bisa gunakan aplikasi bernama Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill
 Process, The Killer Machine, dan sebagainya.
3.      Pulihkan registry
Virus biasanya juga sering mengotak-atik registry pada komputer, sehingga kita juga diharuskan memulihkan registry tersebut, jika tidak, virus masih akan dapat kembali menyerang komputer kita. Untuk cara memulihkannya kita bisa menggunakan aplikasi seperti Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Dan jangan lupa hapus juga
 entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.
4.      Hapus file virus
Untuk langkah ini kita bisa menggunakan fasilitas search (pencarian) pada menu explorer, untuk menemukan dan menghapus virus.
5.      Munculkan kembali file yang disembunyikan virus
Jika anda mengira data di komputer anda hilang, sebenarnya data tersebut tidak sepenuhnya hilang, data tersebut hanya saja disembunyikan virus, sehingga seolah-olah kita mengira data tersebut telah hilang dari komputer kita. Untuk memunculkannya anda bisa gunakan command promt dengan perintah attrib -s -h
6.      Saran – saran untuk pencegahan
Berhati -hatilah saat melakukan transfer data baik melalui flashdisk, haddisk, disket, atau data dari internet, instal dan selalu update anti virus, dan instal pula aplikasi pengaman dari program-program jahat serta yang terakhir berhati-hati dalam memilih software yang tersedia di internet. 

Sekelumit info itulah yang bisa saya sampai untuk anda, semoga bermanfaat untuk semua orang. Dan selalu ingat lakukan pencegahan sebelum hal itu terjadi.




artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya