Minggu, 11 Maret 2012

Tips memilih laptop yang tepat


Di jaman yang serba komputerisasi ini, pastinya hampir setiap orang memiliki komputer ataupun laptop. Tapi, mungkin masih ada orang yang belum tahu mengenai seluk laptop , sehingga pada posting kali ini saya akan menjelaskan cara memilih laptop atau notebook berdasarkan hardware yang terpasang.
1.       Prosesor
Prosesor laptop dengan komputer berbeda, untuk pilihlah laptop dengan prosesor mobile yang memang dikususkan untuk perangkat bergerak. Jika pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat (seperti mengetik, browsing, music dan lain-lain)  pilihlah prosesor”value” contohnya Intel Celeron
2.       Memory RAM
Memory standart laptop berkisar antara 256 MB-512 MB, terkecuali jika ingin menggunakan  sistem operasi Windows Vista, ukuran minimal memori 512 MB atau setidaknya 1GB.
3.       Kapasitas Harddisk
Harddisk berkapasitas 80 GB sudah cukup untuk laptop, ( Karena data yang ada di laptop biasanya hanya sementara saja ).terkecualii jika untuk keperluan mengedit gambar, music, video maupun  bermain game, keperluan untuk memori pun akan cukup besar sekitar 160 MB-an
4.       Kartu grafik
Chip grafik laptop biasanya bersatu dengan dengan mainboard, sehingga tidak bisa di upgrade layaknya komputer. Untuk memperoleh tampilan yang lebih bagus, pilihlah laptop yang menggunakan kartu grafis terpisah, seperti ATI Radeon 9700 dan NVidia Gforce FX Go5200.
5.       Monitor
Ukuran monitor laptop biasanya 12’,14’,15”, bahkan ada yang lebih kecil dari 12”. Saat memilih laptop, sebaiknya anda juga memperhatikan resolusi asli layar laptop tersebut. Resolusi rendah (800x600 pixel) akan menampilkan gambar dalam ukuran lebih besar, dan pada monitor yang beresolusi tinggi (misal 1600x1200 pixel) akan menampilkan gambar lebih tajam.
6.       Koneksi wi-fi
Fasilitas yang disediakan laptop saat ini, adalah wi-fi. Dengan fasilitas ini urusan untuk berinternet semakin mudah dan praktis, jika dibanding menggunakan modem.  Untuk mengetahui laptop wireless apa tidak klik disini
7.       Optical Driver
Sebagai perangkat mobile, laptop juga terdapat drive CD/DVD. Untuk menekan bobot laptop,, biasanya terdapat CD/DVD external sebagai pelengkap laptop. Keuntungan drive external ini , bisa ditinggalkan jika tidak diperlukan.
8.       Layanan multimedia
Jika kebutuhan yang anda inginkan dari laptop sebagai hiburan,selain pelengkap pekerjaan anda. Maka juga harus perhatikan pula beberapa fasilitas multimedia yang ada di laptop tersebut. Seperti: webcam, speaker, subwoofer, tv, dan lain-lain.


artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya